Kajian | Silaturahmi | Curhat

FYI : Tentang Pemasangan Foto


4/03/2007 11:48:00 AM
Penulis: Rini
Kategori: Nasehat
Sumber: Friendster

Karena aku mencintai kalian...

Temen-temen yang saya cintai karena-Nya, tadinya, saya ngga percaya, ketika ada seorang ikhwan yang posting buletin yang berisi himbauan bagi para akhwat untuk tidak memasang foto (diri) di FS, karena ada web yang menyalahgunakan foto2 kita di FS, diedit menjadi... yaahh... kepalanya masih tetep wajah kita lengkap jilbab, sementara bagian tubuh lainnya diganti dgn milik org lain yang (maaf) tidak tertutup auratnya.


Saya benar2 tidak percaya. Sampe saya berpikir, kok malah jadi paranoid gini (astagfirulloh aladzim). Saya sempet adu argumen dengan temen saya itu. Hingga kemudian, beberapa hari yang lalu, kembali temen saya itu posting buletin, masih dengan tema yang sama, berisi forward message temen akhwat dia.

Penasaran! Apakah ini benar2 serius? akhirnya saya bertanya kepada seorang temen lainnya yang lumayan ngerti IT. dan temen saya itu membenarkan keberadaan web itu, meskipun katanya udah di-ban sama penyedia situsnya, tapi entahlah... ketika saya mencoba nyari, ternyata link-nya masih ada.

Coba ketik akhwatnakal ato akhwatcantik di search engine. dan temen-temen bakal tau ada apa. apa yang harus kita lakukan? itu sepenuhnya tergantung pada keputusan temen-temen. Gambar-gambar yang ada (saya ngga berani buka, saya hanya buka alamat2 yang memprotes blog itu, itu pun udah bikin saya eneg)memang keliatan hasil edit, bahkan sebagian bener2 jelek hasil editannya. tapi.. yaahh... semuanya terserah temen-temen...

Kalo ingin memforward message ini, sertakan aja nama saya di bawah ini, jadi asal usul mesage ini jelas. Mohon maaf kalo tidak berkenan dengan message ini. semua itu hanya karena saya mencintai kalian karenaNya...

dengan sepenuh hati, erna

Sedikit hadist yang berkaitan dengan gambar, foto, lukisan benda hidup.

Dalam sebuah hadits shahih dari Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam, bahwa beliau berkata kepad Ali bin Abi Thalib Radhiyallahu 'anhu:

Artinya : "Janganlah engkau tinggalkan patung kecuali engkau telah membuatnya menjadi tidak berbentuk, dan jangan pula meninggalkan kuburan yang menjulang tinggi kecuali engkau meratakannya." [Hadits Riwayat Muslim dalam Al-Janaâ-iz, 969]

Dalam hadits lain Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

Artinya : "Orang yang paling mendapat siksa pada hari kiamat adalah para pembuat gambar (pelukis)."� [Hadits Riwayat Al-Bukhari dalam bab Al-Libas 5959, Muslim dalam bab yang sama 2109]

Dan hadits yang ditegaskan dari Aisyah Radhiyallahu ‘anha. Sesungguhnya Aisyah telah membeli bantal kecil untuk hiasan yang didalamnya terdapat gambar. Ketika Rasulullah melihat bantal tersebut, beliau berdiri di depan pintu dan enggan untuk masuk seraya bersabda:

Artinya : "Sesungguhnya pemilik gambar ini akan diadzab dan akan dikatakan kepada mereka. "Hidupkanlah apa yang telah engkau ciptakan." [Hadits Riwayat Al-Bukhari dalam bab Tauhid 7557, Muslim dalam bab Al-Libas 96-2197]

Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah menegaskan hal itu dengan sabdanya:

Artinya : "Malaikat enggan memasuki rumah yang didalamnya terdapat lukisan."� [Hadits Riwayat Al-Bukhari, bab Badâ-ul Khalq 3226, Muslim bab Al-Libas 2106]
Baca Selengkapnya...

8 Komentar:

9:48 AM, Anonymous Anonymous berkata...

"^_^"

 
7:30 PM, Anonymous Anonymous berkata...

"Setuju...
Berhati-hatilah memajang foto di blog,friendster, karena dulu saya salah yg suka jahil...
Sekarang udah g lagi, tapi saya g pernah sampe jahat loh,kalo selbriti ato org terkenal yah resiko. Contohnya gambar istri Aa Gym yg dipermak abis pake gambar lain...itu mah biadab. hati2 juga temen2 kalo pakai kamar mandi di tempat umum, pastikan aman dari kamera2 penjahat syahwat."

 
3:08 PM, Anonymous Anonymous berkata...

"Assalamu'alaikum Ukhti..

Nice Info.
Semoga kita semua dijauhkan dari kedzaliman..

Salam Kenal."

 
12:14 AM, Anonymous Anonymous berkata...

"Assalamu'alaikum..

Setuju juga nih,
Apa yang ditulis diatas benar adanya..
Kebetulan saya jg anak TI, dan ternyata Foto-foto yang kita2 Upload di FS itu, walaupun udah dihapus, tapi itu sebenernya cuma terhapus displaynya aja, dalam artian Hanya Ga ada di FS aja.
Tapi sebenernya lagi, Link Foto Friendster yg udah kita Hapus itu TETAP ADA lho.. Jadi Kalo ada orang yg agak mengerti cara naroh2 gambar, dia bakal Naroh Link yang langsung ke Foto, jd biarpun Foto di FS dihapus, Tetapi di Server Friendster.com itu masih ada..!!

Ya, sebaiknya Memang GA PERLU naroh2 Foto2 di FS..
Zaman sekarang Setan semakin Sukses Lho.. Hanya sedikit yg mampu bertahan..

Wassalamu'alaikum.wr.wb."

 
4:46 PM, Blogger Unknown berkata...

":-( Astaghfirullah al 'adzim..."

 
1:09 AM, Blogger namaku ina berkata...

"assalamu'alaykum wr wb

merinding membaca postingan ini.. karna memang betul adanya kejadian wajah2 akhwat yg di crop dan ditempel dimana2 dengan semena2..

mulai berhati2 ya... kl bisa ga usah pasang foto2 lagi.. khawatir jadinya >__<"

 
1:09 PM, Blogger refleksi hatie berkata...

"Kita perlu Hati2 tuh jangan ampe kita kena"

 
5:53 PM, Blogger Unknown berkata...

"ass.maaf nich mau sharing atau nanya yach, gini loh kalo memajang foto keluarga di rumah sebetulnya dalam islam diperbolehkan tidak ya? tolong dong komentarnya kalo perlu dengan penjelasan lengkapnya, krm lewat umiyamiyami@yahoo.co.id,t.q wassalam"

 

<< Home