Kajian | Silaturahmi | Curhat

Muslimah Indonesia : Hati-hati godaan konsumerisme


4/26/2007 07:52:00 AM
Penulis: Rini
Kategori: Nasehat
Sumber: Majalah Alia

Sebuah nasehat dari Ingrid Mattson

Saya sebenarnya ingin menasehati Muslim di Indonesia untuk berhati-hati menghadapi sejumlah permasalahan serius akibat modernisasi dan industrialisasi. Saya sedih melihat begitu banyak sungai dan seluran air di Jawa yang terpolusi, melihat sampah dan kotoran di jalan dan melihat pabrik-pabrik menyemburkan asap beracun ke udara.


Allah memberi manusia tanggung jawab untuk melindungi bumi ini dan agaknya kita tidak melaksanakan tugas ini dengan baik. Malahan, kita saat ini sedang menghancurkan bumi. Akibatnya, semua orang akan menderita secara fisik, mental, dan spiritual. Islam adalah agama yang suci dan mencintai kesucian (thaharah dan tazkiyyah) dan Nabi Muhammad shalallahu 'alaihi wassallam sendiri pernah berkata, "Allah itu indah dan cinta keindahan." Jadi, saya ingin mengajak para brothers dan sisters di Indonesia untuk memegang tanggung jawab ini dengan sungguh-sungguh dan untuk bekerja menciptakan lingkungan yang bersih dan indah.

Saya ingin menasehati my sisters untuk berhati-hati menghadapi godaan-godaan konsumerisme. Kita semua suka baju, perhiasan, dan perabot yang bagus. Kita semua ingin membahagiakan anak-anak dengan memberi mereka pakaian dan mainan yang bagus. Tapi kita juga harus hati-hati jangan sampai tertipu sehingga mengira bahwa banyak berbelanja membawa kebahagiaan. Padahal kebahagiaan hanya bisa kita dapatkan bila memiliki hati yang baik dan penuh kasih sayang, dan selalu tunduk kapada Allah. Kita justru akan lebih bahagia kalau berbagi denga kaum dhuafa, daripada kalau kita hambur-hamburkan uang untuk barang-barnang yang tidak akan kita pakai lagi dalam waktu dekat. Sewaktu di Jakarta saya sedih sekali melihat kondisi kaum miskin di sana. Padahal, adalah kewajiban agama kita sebagai Muslim untuk menolong tetangga kita.
Baca Selengkapnya...

4 Komentar:

6:25 PM, Anonymous ii berkata...

"subhanallah...benar sekali apa yg dikatakan Mrs.Inggrid.
Semakin maju malah kita semakin cinta dunia ini,naudzubillah..semoga kita terhindar dari sifat2 yang buruk. Konsumerisme termasuk sifat yang ga' boleh ditiru. Benar kita harus lebih banyak sedekah/memberi sesuatu buat orang lain..
Seperti lagunya Opick :
Alangkah indah oarang bersedekah,mereka dekat dg Allah dan surga lho..
Semoga kita bisa manjadi orang - orang yang bermanfaat bagi orang lain. Amin..."

 
8:19 AM, Blogger emanrais berkata...

"Makanya sudah sepatutnya warga DKI Jakarta bersedih hati karena dah keluar Perda yang melarang gepeng dan pengamen berkeliaran di Jakarta. Namun harum hawa surga tentunya masih berhembus dari pintu2 masjid dan gerbang2 sosial. Asal mau aja kok ya."

 
8:58 AM, Blogger Anjeli Desi berkata...

"Makasih abah dah ngasih tau. Salam Myq buat mbak H4nim dan teman2 kontributor. Boleh ya Ndes link ke http://myqdesif.blogspot.com/ buat obat kangen. Selamat berjuang ya."

 
6:53 AM, Blogger hnim berkata...

"@Desi,
lama tak jumpa kemana aja Ndes?"

 

<< Home